Kunci Kontak

"pengertian kunci kontak"

 KUNCI KONTAK

Klakson Tak Berbunyi Pada Sepeda Motor

Pemeriksaan Klakson Jika klakson tidak berbunyi, maka: 1) Periksa saklar/tombol klakson. 2) Periksa tegangan yang menuju klakson, dengan cara: a) Periksa dengan menggunakan multimeter (skala voltmeter), yaitu terminal (+) multimeter ke kabel di terminal klakson (kabel yang ...

Informasi Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI

Prosedur Pendiagnosaan Sendiri (Self Diagnosis) a. Letakkan sepeda motor pada standar utamanya. Catatan: Malfunction indicataor lamp (MIL) akan berkedip-kedip sewaktu kunci kontak diputar ke “ON” atau putaran mesin di bawah 2.000 putaran permenit (rpm). Pada semua kondisi lain, MIL akan tetap hidup ...

Penyetelan Saat Penyetelan Tanpa Lampu Timing

Penyetelan saat pengapian dengan lampu kontrol 12V Prinsip penyetelan, perhatikan gambar-gambar dibawah ini : Kunci kontak “ ON “ dan kontak pemutus terbuka maka lampu menyala ( arus primer mengalir melalui lampu kontrol ke massa ). ...

Penyetelan celah kontak pemutus (platina) dengan fuller

· Putar motor dengan tangan sampai kam dengan tumit ebonit dalam posisi seperti pada gambar. · Pilih fuller yang sesuai dengan besar celah kontak. · Periksa celah kontak dengan fuller yang bersih. Jika celah tidak baik, stel seperti berikut : · Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada ...

Sistem pengapian full transistor (tanpa platina)

Dalam banyak hal, sistem pengapian elektronik full tansistor sama dengan pangapian elektronik CDI. Diantaranya adalah tidak terdapatnya bagian-bagian yang bergerak (secara mekanik) dan mengandalkan magnetic trigger (magnet pemicu) dan sistem “pick up coil” untuk memberikan sinyal ke control unit guna menghasilkan percikan bunga api pada busi. Sedangkan salah satu perbedaannya ...

Pemeriksaan dan Perbaikan Sistem Pengisian

Pemeriksaan Tegangan (voltage) pengisian 1) Hidupkan mesin sampai mencapai suhu kerja normal. 2) Ukur tegangan baterai menggunakan multimeter (skala voltmeter) seperti pada gambar di bawah: Standar tegangan pengisian pada putaran 5.000 rpm: 13,0 – 16, 0 V (Suzuki) ...

Pemeriksaan dan pemasangan Kontak Pemutus ( Platina )

Pemeriksaan awal Lepas tutup distributor, rotor dan piringan tutup Periksa keausan kontak. Gunakan obeng untuk membuka kontak. Lihat gambar dibawah : Perbaikan / Penggantian Kontak Pemutus · Lepas kabel kontak pemutus · Lepas sekrup – sekrupnya dan keluarkan kontak pemutus · Bersihkan ...

Penyetelan Katup Sepeda Motor

Penyetelan celah katup sepeda motor satu silinder: Kunci kontak OFF. Posisi piston pada top kompresi. Untuk memastikan bahwa posisi piston pada top kompresi, perhatikan bahwa pada saat ini tanda T pada rotor magnet tepat dengan tanda garis pada bodi sepeda motor, ...

Sistem Pengapian CDI-DC

Sistem pengapian CDI ini menggunakan arus yang bersumber dari baterai. Prinsip dasar CDI-DC adalah seperti gambar di bawah ini: Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa baterai memberikan suplai tegangan 12V ke sebuah inverter (bagian dari unit CDI). Kemudian inverter akan menaikkan tegangan menjadi sekitar 350V. Tegangan ...

Sistem Pengapian Elektronik (Electronic Ignition System)

Sistem pengapian elektronik pada sepeda motor dibuat untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terjadi pada sistem pengapian konvensional, baik yang menggunakan baterai maupun magnet. Pada pengapian konvensional umumnya kesulitan membuat komponen seperti contact breaker (platina) dan unit pengatur saat pengapian otomatis yang cukup presisi (teliti) untuk menjamin keterandalan dari kerja mesin. Bahkan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar